oleh

Jelang HUT Tugu Raja Sigalingging Ke-40, PPRS Ziarah Ke Makam Kolonel Eben Ezer Sigalingging

TAPTENG, Radar-Berita.com – Mewakili Pengurus Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging (PPRS) Pusat, PPRS Kota Sibolga- Tapanuli Tengah (Tapteng) melaksanakan Ziarah ke Makam Kolonel Eben Ezer Sigalingging, Sabtu (18/06/2022).

Acara ziarah disertai tabur bunga ke Pusara Pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia ini, dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Tugu Raja Sigalingging Ke-40 Tahun.

Makam Kolonel Eben Ezer Sigalingging berlokasi di Desa Aek Gambir, Kecamatan Sibabangun, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng). Jika berkendara dari Pusat Kota Sibolga, perjalanan membutuhkan waktu sekira 1,5 jam.

Ketua Umum PPRS se-Indonesia, Kolonel Inf Corri Sigalingging mengatakan, rangkaian kegiatan ziarah, diawali dengan penghormatan kepada arwah Pahlawan Kolonel Eben Ezer Sigalingging. Selanjutnya, dilakukan doa bersama dan tabur bunga, serta peletakan karangan bunga di Makam Kolonel Eben Ezer Sigalingging.

“Ziarah dan tabur bunga ini merupakan momentum untuk mengenang dan menghormati jasa perjuangan Kolonel Eben Ezer Sigalingging. Beliau merupakan Pahlawan yang telah berkontribusi besar dalam Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Ketua Umum PPRS, Kolonel Inf Corri Sigalingging.

Perwira TNI-AD yang pernah menjabat Dandim 0211/Tapanuli Tengah periode 2016-2018 itu menuturkan, ziarah rombongan ke Makam Kolonel Eben Ezer Sigalingging bertujuan untuk mengenang Pahlawan, yang juga masih Leluhur Keturunan Raja Sigalingging, yang berperang melawan Belanda dalam merebut Kemerdekaan Indonesia.

“Momen ini harus kita jaga terus. Tentunya kita berharap, melalui kegiatan ini akan bisa membangkitkan semangat patriotisme, nasionalisme dalam meneruskan perjuangan Pahlawan yang telah gugur untuk NKRI yang kita cintai ini,” tutur Orang nomor satu di Organisasi PPRS se-Indonesia itu.

Corri Sigalingging, Perwira menengah yang pernah menjabat sebagai Kepala Infolahta Kodam I/Bukit Barisan itu juga berharap, seluruh keturunan Pomparan Raja Sigalingging akan selalu mengingat dan mengenang perjuangan leluhur mereka tersebut. Sehingga seluruh keturunan Sigalingging tidak melupakan Kolonel Eben Ezer Sigalingging dan selalu mengenang perjuangannya dimanapun berada.

“Kegiatan ziarah dan tabur bunga ini juga sebagai bentuk mengenang dan penghargaan terhadap leluhur kita Kolonel Eben Ezer Sigalingging. Saya berharap, anak, cucu, cicit, serta Pomparan Raja Sigalingging selanjutnya, jangan pernah melupakan leluhur kita,” harap Kolonel Inf Corri Sigalingging.

Dikesempatan itu, Perwira TNI-AD Lulusan Akademi Militer Tahun 1995 itu mengingatkan, pelaksanaan Pesta HUT Tugu Raja Sigalingging yang ke-40 akan digelar 2 Juli 2022 mendatang. Dilaksanakan di Sait Nihuta, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

“Pomparan Raja Sigalingging dimanapun berada, saya berharap agar datang menghadiri Pesta Tugu Raja Sigalingging Ke-40 Tahun, yang akan kita digelar 2 Juli 2022 mendatang,” ajak Kasi Intel Korem 084/Bhaskara Jaya itu.

Kegiatan ziarah dan tabur bunga yang dilaksanakan di makam Kolonel Eben Ezer Sigalingging, Pahlawan yang gugur dalam perjuangan melawan penjajah tersebut, berjalan dengan baik dan penuh khidmat. (red)